Manfaat Secara Cara Melakukan Senam Kegel Bagi Ibu Hamil - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Selasa, 31 Oktober 2023

Manfaat Secara Cara Melakukan Senam Kegel Bagi Ibu Hamil



Salah satu aktivitas yang harus dilakukan selama dalam fase kehamilan adalah senam kegel. Yang mana aktivitas ini dapat mendatangkan banyak manfaatnya, tidak hanya bagi ibu hamil melainkan juga janin dalam kandungannya. 

Untuk mengetahui berbagai manfaat apa yang ditawarkan oleh aktivitas senam yang satu ini, bisa Anda simak ulasannya di bawah ini. 

Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Ketika ibu hamil rutin melakukan gerakan senam kegel ini, maka berikut ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. 

  • Menguatkan Otot Panggul

Dengan memiliki otot panggul yang kuat, sejatinya dapat membantu mendukung kesehatan rahim serta bayi dalam kandungan. Secara tidak langsung, ini juga akan berdampak kepada kemudahan proses persalinannya nanti. 

  • Mencegah Intenkontensia Urin

Dengan melakukan senam ini, dapat membantu mengurangi resiko permasalahan inkontinensia urin pada ibu hamil. Dimakan kondisi ini merupakan hilangnya kontrol pada tubuh, untuk menahan buang air kecil. 

  • Pencegahan Prolaps Organ Panggul

Pasca melahirkan, umumnya ibu hamil sering terkena resiko prolaps organ panggul. Dengan melakukan senam ini, setidaknya bisa membantu meminimalisir hal tersebut. 

Bagaimana Cara Melakukan Senam Kegel yang Tepat? 

Bagi ibu hamil, berikut cara melakukan senam ini dengan tepat.

  • Identifkasi Otot Kegelnya

Temukan otot kegel terlebih dahulu, yang cara mudahnya adalah ketika Anda mau mencoba untuk menahan buang air kecil.

  • Lakukan Secara Terjadwal

Agar manfaatnya bisa terasa maksimal, lakukan senam ini secara rutin dan terjadwal. Terlebih melakukan senam ini bisa dilakukan sambil berdiri, duduk, bahkan berbaring.  

  • Gerakan Kontraksi

Melatih kontraksi kegel pada mulanya disarankan hanya dilakukan selama interval 3-5 detik. Lakukan gerakan ini maksimal hingga 10-15 kali dalam sehari. Bila Anda sudah terbiasa, maka durasinya bisa ditambah hingga 10 detik atau lebih. 

Selain rutin melakukan senam kegel, salah satu aktivitas yang harus dilakukan juga adalah dengan mempersiapkan pemilihan popok bayinya. 

Adapun salah satu rekomendasi popok terbaik saat ini adalah, produk popoknya dari MAKUKU yang menawarkan banyak kelebihannya dibanding dengan popok lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar