3 Makanan Tradisional Khas Jawa - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Jumat, 21 Desember 2018

3 Makanan Tradisional Khas Jawa


Bicara tentang makanan tradisional, tentu setiap daerah punya keragaman tersendiri, ya. Namun, sangat disayangkan ketika makanan khas semacam ini seolah ikut tergerus perkembangan zaman sehingga jarang dijumpai. Amat sedikit warga milenial yang peduli untuk nguri-uri resep makanan tradisional.

Padahal, resep makanan tradisional juga termasuk warisan yang berharga supaya makanan-makanan khas ini akan terus ada. Di Jawa, ada beberapa makanan tradisional yang tetap eksis dan memiliki banyak penggemarnya sampai sekarang. Apa saja itu? Ini dia 3 di antaranya :

1. Wajik


Anda pernah mendengar nama makanan yang satu ini? Wajik merupakan jajanan tradisional Jawa yang terbuat dari beras ketan dicampur gula merah dan putih. Makanan ini rasanya manis, dan biasanya baru dikeluarkan pada saat acara pernikahan. Tekstur wajik yang lengket difilosofikan sebagai kelengketan pasangan yang semoga akan selalu terjaga sampai tua.

2. Gethuk


Siapa yang tidak tahu makanan khas ini? Makanan yang asalnya dari ketela atau singkong yang dilembutkan, dicampur dengan pewarna dan gula ini masih banyak penggemarnya sampai sekarang. Anda akan banyak menemui gethuk di daerah Yogyakarta, biasanya dijual di pasar-pasar tradisional atau di pinggir jalan.

3. Sego tiwul


Makanan tradisional yang satu ini sekarang sudah jarang sekali ditemukan. Dulu, masyarakat Jawa khususnya yang tinggal di pedesaan, kebanyakan makan dengan sego tiwul. Makanan ini berbahan singkong sebagai pengganti nasi yang sulit didapat, dan sangat nikmat jika disantap dengan ikan tongkol dan sambal.

Itu dia ketiga makanan tradisional Jawa yang akan membuat Anda ketagihan saat menyantapnya. Jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, tinggal lihat saja resepnya. Jangan lupa untuk menambahkan gula pasir dari Gulaku di setiap kreasi makanan yang Anda buat, ya.

Gula pasir Gulaku sudah terjamin kualitasnya, manisnya pas dan harganya pun terjangkau. Jika Anda ingin membuat makanan tradisional, alangkah baiknya menggunakan Gulaku Premium yang warna kemasannya hijau. Gulaku Premium berwarna putih bersih, sehingga tidak akan mempengaruhi warna makanan tradisional yang Anda buat.

Jadi, sekarang sudah siap mempraktikkan resep makanan tradisional ini, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar