Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Kamis, 24 Agustus 2017

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak


Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak
Daya ingat adalah kemampuan menyimpan, mengolah dan membuka kembali informasi yang tersimpan di otak. Otak kita membentuk banyak neuron untuk menyimpan berbagai informasi. Seiring pertumbuhan dan perkembangan anak kemampuan otak untuk menyerap informasipun semakin berkembang.

Kebanyakan orang sulit mengingat kejadian mereka di saat usianya tiga tahun. Hal ini terjadi karena, manusia mengalami amnesia masa kecil karena kemampuan mengingat pada usia dibawah tiga tahun masih belum dapat mengingat cukuo lama. Maka dari itu agar anak dapat menyimpan, mengolah dan membangkitkannya lagi,orang tua harus sesering mungkin mengingatkan. Contoh mencuci tangan sebelum makan, membuang sampah pada tempatnya dan masih banyam lagi. Peran orang tua untuk mengingatkan akan bermanfaat untuk perkembangan anak.

Dibawah ini ada beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat anak.

1. Bantuan makanan bernutrisi

Berilah bayi makanan kaya nutrisi seperti omega 3 , minyak ikan, alpukad, madu dan wortel. Selain omega 3 kandungan fosfat juga baik untuk perkembangan anak yanh biasanya ada pada jenis buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin B dan B12 juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat anak. Biasanya vitamin B dan B12 ada pada panganan gandum, susu, sayuran dan keju. Maka segelas susu di pagi hari akan meningkatkan daya ingat anak. Dancow, susu dengan kaya nutrisi bisa menjadi minuman pendukung untuk meningkatkan daya ingat anak.

2. Tidur cukup

Anak-anak memiliki jam tidur yang lebih lama dari pada orang dewasa. Jam tidur anak – anak yang baik adalah 11 hingga 12 jam sehari dapat meningkatkan daya ingat anak.

3. Minum 6 hingga 8 gelas sehari

Dengan minum 6 hingga 8 gelas sehari dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak sehingga mempermudah neuron untuk menyimpan informasi. Karena sel-sel otak mudah teregenerasi.

4. Melatih daya ingat anak

Lalu bagaimana cara melatih daya ingat anak? Ketahuilah bahwa indra penciuman merupakan indra paling tajam yang di miliki anak usia dibawah tiga tahun. Pada usia itu bayi bisa tahu bau ibu nya, bau minyak telon dan bau ASI. Maka dari itu untuk melatih daya ingatnya kita juga harus melatih indera yang lain. 

Anak usia dibawah tiga tahun pasti suka memiliki sesuatu yang disukai, maka kita bisa bertanya ‘warna pisang apa?’ jika si anak sangat suka makan pisan. Dengan melatih indera penglihatannya, daya ingatnya juga akan diasah lebih tajam sehingga jika ibu bertanya warna pisang apa aku akan menjawab kuning.

Itulah empat cara untuk membantu anak meningkatkan daya ingatnya. Pastikan orang tua tetap menjaga pertumbuhan dan perkembangan anak dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar