Baso Kuah Resep Makanan Indonesia - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Jumat, 18 November 2016

Baso Kuah Resep Makanan Indonesia


Bakso adalah salah satu menu yang akan menggoyang lidah ketika mencicipinya. Cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda dengan Negara lain. Resep makanan Indonesia ini adalah bakso Malang, baso Solo, bakso bakar dan lain-lain. Bakso biasanya disajikan dengan kuah kaldu panas, bisa disertai dengan mie atau bihun, pangsit, gorengan, dan sayur yang juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada.
Yang harus disiapkan dalam resep makanan Indonesia ini adalah :
  • Bahan-bahannya : 
1 kg daging sapi yang banyak uratnya
200 gr tepung tapioka
2 sendok teh baking soda
Air es secukupnya
  • Bumbu halus :
1 bonggol bawang putih (goreng)
2 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok makan lada putih
Garam secukupnya
Penyedap rasa sapi kalau suka

Cara membuatnya :
  • Cincang daging sapi menggunakan pisau yang tajam supaya urat daging terpotong sampai halus, kemudian haluskan daging cincang menggunakan Food processor sampai benar-benar halus.
  • Siapkan wadah cukup besar, masukkan daging sapi halus, bumbu halus, dan tepung tapioka, uleni dengan tangan sampai tercampur rata, sambil masukkan air es sedikit demi sedikit, terakhir masukkan baking soda dan uleni adonan sampai benar-benar tercampur rata (adonan bakso lengket). 
  • Siapkan 3 liter air dan tempat untuk mengukus bakso. Setelah air untuk merebus bakso mendidih, kecilkan api.
  • Celupkan tangan ke dalam mangkok berisi air bersih, ambil sedikit adonan dengan tangan kanan, bentuk bulat dan keluarkan diantara jempol dan telunjuk, sendok dengan tangan kiri pake sendok makan dan masukkan ke dalam panci, buat sampai panci penuh.
  • Bakso yang naik di permukaan air di pindahkan ke dalam tempat mengukus, supaya bakso matang dengan sempurna. 
  • Biasanya bakso cepat naik tapi dalamnya masih mentah, setelah bakso matang, dinginkan menggunakan kipas angin atau rendam air es.
  • Setelah bakso benar - benar dingin, bakso diolah sesuai selera atau dibungkus dengan plastik bersih dan ikat rapi, bekukan di frezer.
Resep makanan Indonesia mengenai baso di atas cukup mudah untuk dipraktekan. Musim hujan begini sungguh enak sekali makan baso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar