6 Penyebab Mata Perih Paling Utama yang Perlu Anda Ketahui - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Rabu, 10 Januari 2024

6 Penyebab Mata Perih Paling Utama yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Mata Perih


Tiba-tiba mata Anda terasa perih? Pasti sangat mengganggu kan? Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab mata perih. Pasalnya, rasa perih yang terjadi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mengetahui penyebabnya bisa membantu Anda menemukan solusi terbaik. 

Penyebab Mata Perih yang Paling Utama

Langsung saja, berikut ini berbagai penyebab mengapa mata bisa perih yang perlu Anda ketahui:

1. Infeksi

Infeksi pada mata bisa menimbulkan beberapa masalah seperti mata merah, perih, dan juga berair. Pada umumnya, infeksi terjadi akibat bakteri atau virus. Anda perlu mengetahui penyebab infeksi untuk melakukan pengobatan dengan tepat.

2. Iritasi

Selain infeksi, iritasi menjadi penyebab selanjutnya mengapa mata Anda menjadi perih. Iritasi ini bisa disebabkan oleh pemakaian lensa kontak atau benda asing yang masuk ke mata. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati terhadap benda asing seperti sisa make up, debu, atau bulu mata.

3. Mata Kering

Saat mata Anda kering, maka mata juga akan terasa perih. Terjadinya mata kering disebabkan oleh produksi air mata yang kurang bisa melembabkan. Selain terasa perih, mata kering juga bisa membuat mata gatal dan memerah. 

4. Mata Lelah

Mata lelah paling sering disebabkan oleh penggunaan komputer, gadget, atau televisi terlalu lama. Biasanya mata lelah ini juga diiringi dengan mata yang terasa perih. Solusi terbaik yaitu mengistirahatkan mata sejenak dari layar gadget. 

5. Kualitas Udara Buruk

Kualitas udara yang buruk menjadi salah satu penyebab utama mengapa mata menjadi perih. Saat udara kering dan kotor, maka penguapan air mata menjadi meningkat. Akibatnya, mata menjadi kering, iritasi, dan juga terasa perih.

6. Genetik

Penyebab terakhir yang bisa membuat mata Anda terasa perih yaitu genetik. Kondisi mata perih akibat genetik dikenal dengan istilah corneal stromal dystrophy. Apabila penyebabnya adalah genetik, maka solusinya hanya pengobatan ke dokter. 

Itulah pembahasan mengenai penyebab mata perih. Sudah jelas, kan? Obat tetes mata menjadi salah satu solusi untuk mengatasi mata perih. Namun, pastikan Anda mengetahui penyebabnya sehingga bisa memilih varian obat tetes yang tepat. Pasalnya, obat tetes mata seperti Insto memiliki varian dan manfaat yang berbeda-beda. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar