Pola Asuh Anak Yang Baik Dan Benar - Buku Harian Kita

Breaking

Buku harian kita telah hadir dengan banyak informasi yang terbaru.

Senin, 19 Desember 2016

Pola Asuh Anak Yang Baik Dan Benar


Tentunya kita tahu seorang anak akan tumbuh sesuai dengan apa yang diajarkan oleh ibu dan ayahnya sebagai orang tua. Hal ini sering kita sebut dengan istilah bahwa buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Anak akan mengikuti apa yang dia lihat dan juga apa yang dapat dia dengar dari lingkungannya, sehingga hal inilah yang pada akhirnya sangat mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. 

Pola asuh adalah sebuah cara tentang bagaimana kita mendidik dan membesarkan buah hati kita, dan hal ini akan sangat menentukan anak kita tumbuh menjadi seseorang yang baik ataupun sebaliknya. Berikut ini adalah beberapa pola asuh anak yang baik dan benar yang tentunya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pola asuh yang pertama adalah biasakan untuk memberitahukan anak sesuatu yang baik dengan cara yang baik pula. Tentu kita tahu bahwa semua orang tua di dunia ini menginginkan anaknya menjadi seseorang yang baik, bahkan jika mungkin anaknya harus lebih baik daripada mereka sebagai orang tuanya. Untuk mencapai hal ini tentu kita diharuskan untuk mengajarkan sesuatu hal yang baik pula, besar harapan kita anak menjadi tumbuh menjadi pribadi yang baik karenanya. 

Namun terkadang kita sering menjumpai orang tua yang menyampaikan kebaikan itu dengan cara yang kurang baik. Sebagai contoh, pada saat anak melakukan sebuah kesalahan banyak dari kita yang menegornya dengan cara membentak atau memarahi dan hal ini jelas menjadi sebuah hal yang kurang baik. Beritahu anak dengan cara yang baik menggunakan bahasa yang lembut dan tentunya mudah dimengerti dan dipahami oleh anak.

Pola asuh yang selanjutnya adalah berikan apa yang anak butuhkan. Pada masa pertumbuhan anak sedang gemar-gemarnya untuk mencoba sesuatu hal yang baru, sehingga tidak jarang anak melakukan sesuatu hal baru dan atau menginginkan sesuatu yang baru untuknya. Namun perlu kita ingat bahwa tidak semua dari yang anak inginkan baik untuk dirinya, kita hendaknya dapat menjadi filter yang baik untuknya. Sebagai sebuah contoh berikanlah makanan dan minuman yang anak butuhkan, seperti susu dancow yang berguna untuk membantu tumbuh kembangnya. Dan itulah beberapa pola asuh anak yang baik dan benar yang tentunya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.