Minggu, 02 Oktober 2016

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Belajar Membaca Bagi Anak


Membiasakan membaca sejak usia anak-anak merupakan hal yang baik untuk dilakukan kepada anak agar dewasa kelak ia bisa menjadi seseorang yang memang menyukai akan dunia baca. Membaca yang sebagai kunci dari ilmu menjadi hal yang penting untuk dilakukan supaya tidak menjadi orang yang tertinggal dari berbagai perkembangan yang sekarang ini cepat terjadi. Untuk hal tersebut bagi anda orang tua yang ingin menanamkan kebiasaan dalam belajar membaca bagi anak-anaknya maka membiasakan sejak dini untuk anak-anak belajar membaca menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Dalam membiasakan anak belajar membaca maka sebagai orang harus pula mengetahui tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat anak akan belajar membaca. Jangan sampai belajar membaca menjadi beban tersendiri bagi anak sehingga membuatnya mudah bosan dan tidak mau belajar sama sekali. Untuk hal tersebut berikut ini beberapa yang perlu diperhatikan dalam belajar membaca bagi anak. 

  • Memperhatikan kondisi kenyamanan dan ketenangan. Untu membuat anak nyaman saat belajar membaca maka yang pertama kali perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi tempat anak belajar membaca tersebut. Jangan sampai tempatnya tidak nyaman dan penuh dengan gangguan sehingga membuat anak dalam belajar membacapun menjadi mudah bosan dan tidak tertarik. Anda bisa merancang ruangan yang penuh dengan gambar dan tulisan yang disukai anak yang membuatnya betah berlama-lama dalam belajar membaca.
  • Atur jarak pandang dalam membaca. Hal lainnya yang perlu diperhartikan saat anak-anak belajar membaca yaitu jarak antara buku bacaan anak dengan jarak mata. Hal ini untuk menjaga kesehatan mata anak salam membaca. Dengan membaca jarak yang terlalu dekat akan membuat pusing dan juga sulit membaca dalam kata-perkatanya, sehingga sebagai orang tua mengatur akan jarak baca anak penting dilakukan.
  • Memberi tanda akan berbagai bacaan yang dilakukan. Maksud dari memberi tanda disini supaya anak menjadi lebih ingat akan huruf atau kata yang dibacanya. Anda dapat memberikan pewarna atau spidol sebagai penanda akan huruf atau kata yang dibaca. Cara seperti ini juga dapat membuat anak menjadi lebih ingat akan bacaan yang dibacanya.